Menentukkan Letak Benda (Hal. 5, 23, dan 45)



Menentukkan Letak Benda. Salah satu Kompetensi Dasar Matematika pada tema Sehat itu Penting adalah mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat. dan menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.Untuk menentukan letak benda atau tempat dapat menggunakan arah mata angin, garis bujur dan lintang pada peta, dan juga menggunakan baris dan kolom.

Menentukan Letak Benda dengan Arah Mata Angin
(Halaman 5)

Arah mata angin terdiri atas arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut. Pada peta atau denah arah utara selalu berada di sebelah atas dan arah selatan berada di bagian bawah.






Kelas VI

 Klelas






 Kelas









Kelas V



Kelas IV








Kelas III


Kelas II
asd Kelas xx

Kelas I

Kelas 

kotak = 1 langkah

Berdasarkan gambar di atas, misalnya Siti berdiri di kotak merah. Ada pertanyaan sebagai berikut. “Ke mana Siti harus melangkah untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 2?” Jawabannya adalah “Untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 2, Siti harus melangkah ke timur sebanyak 6 langkah, lalu ke utara sebanyak 1 langkah”.

  • Edo berdiri pada kotak yang berwarna merah. Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas V? Edo harus  melangkah ke timur sebanyak 3 langkah, lalu ke utara sebanyak 3 langkah.
  • Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas I ? Edo harus melangkah ke timur sebanyak 4 langkah.
  • Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas VI ? Edo harus melangkah ke timur sebanyak 5 langkah, lalu ke utara sebanyak 6 lankah.
  • Tentukan letak galon kelas II terhadap galon kelas III ! Galon kelas II terletak 4 langkah di sebelah timur galon kelas III.
  • Tentukan letak galon kelas V terhadap galon kelas IV ! Galon kelas V terletak 3 langkah ke arah timur, lalu 1 langkah ke arah utara dari galon kelas IV.
Menentukan Letak Benda Berdasarkan Garis Bujur dan Lintang  
(Halaman 23)

 
Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar 1°. Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar 1°. Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.

Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas, kemudian tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur!

No.    Nama Tempat         Garis Bujur         Garis Lintang     
1. Kebumen 109° BT8°LS
2. Brebes 108° BT7°LS
3. Cilacap 108° BT8°LS
4. Blora 111° BT8°LS
5. Rembang 111° BT7°LS
6. Salatiga 110° BT8°LS
7. Bajarnegara 109° BT8°LS
8. Magelang 110° BT8°LS
9. Klaten 110° BT8°LS
10. Jepara 110° BT7°LS



Menentukan Letak Tempat Berdasarkan Baris dan Kolom
(Halaman 45)


Edo dan teman-temannya ingin hidup sehat. Mereka bersepakat untuk mengawali hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian. Mereka ingin alat-alat sekolah yang dimilikinya pun bersih dan ditempatkan secara rapi. Perhatikan letak benda-benda berikut. Benda-benda ini berada di lantai.
 
B
a
r
i
s
6 Kelas




5 Kelas




4


Kelas V
Kelas
3Kelas IV




2

Kelas III


Kelas II sd
1asdKelas xx

Kelas I


ABCDEFG
Kolom
Letak benda pada bidang koordinat dapat dituliskan dengan (kolom, baris).
  • Pada lantai terdapat penghapus. Penghapus terletak pada kolom D dan baris 1. Letak penghapus dapat dituliskan (D, 1).
  • Penggaris terletak pada kolom A dan baris 4 ditulis (A, 4).
  • Tas terletak pada kolom C dan baris 5 ditulis (C, 5)
  • Pensilterletak pada kolom Edan baris 6 ditulis (E, 6)
  • Pensil warna terletak pada kolom E dan baris 4 ditulis (E, 4)
  • Balpoint terletak pada kolom F dan baris 1 ditulis (F, 1)
  • Buku terletak pada kolom G dan baris 3 ditulis (G, 3) 
(damaruta.blogspot.com dari sangpangemong.com)
Powered by Blogger.